Rabu, 09 November 2011

polos,waktu dan uang

Seperti biasa roby,Kepala cabang sebuah perusahaan swasta di jakarta pulang kerumah,ia tiba dirumahnya pukul 9 malam,tidak seperti biasanya,,rony,putra pertamanya yg masih duduk di kelas 2 SD yang membukakan pintu,ia nampaknya sudah cukup lama menunggu kepulangan sang ayah,,
"Koq,belum tidur",sapa roby pada sang anak sambil menciumnya,,Biasanya rony memang sudah terlelap ketika ia pulang dan baru akan terjaga ketika dia udah siap berangkat ke kantor pada pagi harinya,,,


Sambil membuntuti ayahnya ke ruang keluarga,rony menjawab
"Aku nunggu ayah pulang,sebab aku mau tanya ,berapa sih gaji ayah"?
"Lho,tumben nanya gaji ayah,,,mau minta uang lagi ya,,,"?
"ah,enggak,,,pingin tau aja,,,"






"baik,kamu hitung sendiri,setiap hari ayah bekerja 10 jam,dibayar Rp.400.000.- ribu dan dalam tiap bulan rata rata di hitung 25 hari kerja,,jadi,gaji ayah dalam 1 bulan berapa hayoo?"


Rony berlari mengambil kertas dan pensil dari meja belajarnya,,sementara sang ayah melepas sepatu dan menyalakan televisi,ketika roby beranjak menuju kamar untuk berganti pakaian,rony berlari mengejarnya,,


"kalo 1 hari ayah di bayar Rp 400.000,-untuk 10jam ,berarti satu jam ayah di bayar 40.000 ribu dong,,",kata rony,
"Wah,pinter kamu,sekarang cuci kaki,bobok,,,"perintah roby pada rony,,,
tetapi rony tidak beranjak,sambil melihat sang ayah berganti pakaian rony kembali bertanya,,,
"ayah,,,,rony boleh pinjam uang ayah Rp.5000,- tidak?
"sudah,nggak usah macam macam lagi,buat apa minta uang malam malam begini,,,
ayah mau mandi,tidurlah,,ayah capek,,
"tapi ayah,,,,"
kesabaran roby habis,,,
,"Ayah bilang tidur,,!!!",hardiknya mengejutkan rony ,



anak kecil itupun bergegas berbalik menuju kamarnya,,,
Usai mandi roby tampak menyesali hardikannya,ia pun menengok rony dikamar tidurnya,,,anak kesayanganya itu belum terlelap,rony di dapatinya masih terisak isak sambil memegang uang Rp 15.000,- di tangannya,,,


Sambil berbaring dan mengelus kepala si bocah roby berkata,,,
"Maafkan ayah nak,,ayah sayang sama rony,,,tapi buat apa sieh minta uang malam malam begini,,,kalau mau beli mainan kan besok jg bisa,,jangankan Rp.5000,- lebihpun akan ayah kasih,,,"



"ayah,aku gak minta uang,,,tapi aku pinjam.nanti aku kembalikan,kalo aku sudah menabung uang jajanku seminggu ini,,,"

"iya,iya,,tapi buat apa,,,,",,? tanya roby lembut,,,
"aku,menunggu ayah dari jam 8 mau aku ajak main ular tangga,30 menit saja,Ibu sering bilang kalo waktu ayah sangat berharga,.jadi aku mau beli waktu ayah,,,"aku buka tabunganku ada Rp,15.000,-Tapi karna kata ayah 1jamnya dibayar Rp 40,000,-maka setengah jam harus Rp 20,000,-duit tabunganku kurang Rp 5000,- makanya saya mau pinjam ayah ," kata rony polos,,,

Roby terdiam,ia kehilangan kata kata,,
dipeluknya bocah kecil itu erat erat,,,







taken from inspirasiharian.com


sering kali ketika aku pulang,dan berjumpa dgn anakku,,aku sering jengkel karna kemana mana selalu di ikuti,ke kamar mandi sekalipun dia ngikut.kemanapun setiap langkah ayahnya di tanyain,seperti tidak ada waktu yg boleh terlewat kecuali dengan dia,,,ah gilang,,gilang,,,
,,,sedikit cerita di atas mencubit sanubariku sebagai seorang ayah..
yg tdk bisa setiap hari bertemu dgn sang anak,,,,




maafin ayah ya nak,,,,untuk sekarang jln ini yg harus ayah tempuh,,,,,,,,i love u,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar